(Al Qur'an Memorizing And Islamic School)
PROFIL SINGKAT DAN PERKEMBANGAN MA’HAD AL ANSHAR AL ISLAMIY
Ma'had Al Anshar Al Islamiy merupakan salah
satu lembaga pendidikan setingkat
Sekolah Dasar yang berada di
bawah naungan Yayasan Al Anshar Al Islamiy di Jakarta.
Pada awal berdirinya, Ma'had Al Anshar Al Islamiy merupakan
sebuah program sederhana yang
berbasis sebagai Home Scooling, seiring
berjalannya waktu -biidznillah-
jumlah peminat yang sangat bersemangat untuk menghafal Al Qur’an semakin besar,
sehingga pada akhirnya dibentuklah Ma'had Al Anshar Al Islamiy.
Memasuki tahun kedua berdirinya Ma'had Al
Anshar Al Islamiy, maka Ma'had Al Anshar Al Islamiy selalu berusaha membuka
pendaftaran di setiap awal semester ganjil, seiring dengan banyaknya peminat
yang mendaftar pada periode pendaftaran tersebut. Nampak bahwa animo kaum muslimin yang ingin
menghafal Al Qur’an semakin besar dari waktu ke waktu, maka Ma'had Al Anshar Al
Islamiy merasa perlu untuk melakukan berbagai pengembangan baik yang bersifat
fisik seperti fasilitas pendidikan atau yang bersifat sumber daya pengajar,
metode dan semisalnya yang akan kami paparkan lebih lanjut.
Sistim pendidikan
Sistim pendidikan Ma'had Al Anshar adalah
sekolah berbasis pesantren non asrama yang memuat mata pelajaran umum dan
diniyah yang berasaskan ahlusunnah waljama'ah sesuai pemahaman salafushsholih,
beserta praktek ilmiyah dan berbagai keterampilan yang tersusun pada kurikulum
dan peraturan akademik ma'had. Ma'had Al Anshar menjalani masa belajar 6 tahun
dengan menerapkan system waktu full day
jam 07.00 hingga jam 17.00 mulai hari senen sampai hari jum'at untuk
mengkondisikan lingkungan dan efisiensi kegiatan santri.
Visi
Mencetak generasi qur'ani sebagai penerus para
ulama yang berakidah dan berakhlak mulia
diatas manhaj salafiyah ahlusunnah wal jama'ah.
Misi
Menerapkan metode pendidikan para ulama pada jenjang sekolah dasar,
dengan:
- Membiasakan siswa menghafal Al-Qur'an,
Al-Hadits serta matan ilmiyah.
- Mengajarkan bahasa arab dengan merangsang
santri agar mencintai dan menguasainya.
- Mendidik siswa dasar-dasar ilmu syar'i
seperti aqidah, fiqih, akhlaq dan umum lainnya.
- Menanamkan semangat berilmu, beramal dan berdakwah.
- Mengajarkan ilmu-ilmu dan keterampilan
duniawi.
KURIKULUM
Secara umum kurikulum terdiri dari 4 unsur:
Ahdaf : ta'limiyah,
tarbawiyah, sulukiyah (titik
pencapaian hasil pembelajaran)
Almuhtawa (materi pelajaran)
Turuq tadris (metode pengajaran)
Taqwim (standar penilaian)
Disusun tim kurikulum ma'had al-anshar yang
disadur dari ma'had salaf timur tengah dan lokal.
AHDAF (TARGET
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN)
Mendapatkan ilmu yang bermanfaat dunia akhirat serta memiliki
kemampuan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang berikutnya, dengan
rincian:
- Beraqidah shahihah dan berakhlaq mulia.
- Memiliki hafalan Al-Qur'an
§ kelas 1
dan 2 :
0-1 baris perhari (0-1 juz pertahun).
§ Kelas 3
dan 4 :
2-6 baris perhari (2-6 juz pertahun).
§ Kelas 5
dan 6 :
setengah sampai 1 halaman perhari
(7-15 juz pertahun).
- Memiliki hafalan hadits pilihan (arbain
namawiyah, 150 hadits bukhori dan muslim).
- Hafal matan tajwid aljamzuriyah dan
aljazariyah, serta matan aqidah ushul tsalatsah.
- Mengenal bahasa arab dasar yang
mencakup qiraa'ah, kitaabah, dan muhaadatsah.
- Memiliki kemampuan dasar berdakwah dan
bersosialisasi dengan masyarakat umum.
AL MUHTAWA WA TURUQ TADRIS (MATERI DAN METODE PENGAJARAN)
- Al-Qur'an.
Terbagi menjadi dua bagian:
Tahfiidz dan Tilawah (Tajwiid).
-
Metode Tahfiidz
Menggunakan metode talqiin yang dibantu dengan
buku evaluasi " Al-Muyassar " untuk pengontrol hafalan dan muraja'ah harian
dengan fariasi waktu dan metode.
a.
Waktu Khusus Menghafal
Harian (07.00 – 08.00 senen s/d kamis)
Santri dibimbing untuk
menghafal sesuai dengan kemampuannya, kecuali jika hafalan kemarin masih kurang
lancar maka dilancarkan dulu hafalan yang kemarin.
Kewajiban Pembimbing
(Musyrif):
·
Pembimbing membimbing
dengan benar bacaan ayat sebelum dihafal.
·
Memberikan tanda bukti
paraf sebagai laporan hasil hafalan harian sebagai pertanggung jawaban, yang
kemudian akan dicek oleh tim berikutnya. Yang dari situ akan diketahui kualitas
halaqah tertentu.
·
Pembimbing dilarang
mengoreksi hafalan lama santri(tahun lalu/semester lalu). karena itu wewenang
khusus tim muraja'ah siang dan sore.
b.
Evaluasi Hafalan Harian 1
(muraja'ah hafalan tadi pagi) 08.45 – 09.00.
Pengecekan hafalan tadi
pagi oleh guru pengisi jam ke 3 atau 1 jam sebelum istirahat.
Kewajiban guru:
·
Menanyakan kepada santri
siapa musyrif halaqahnya.
·
Melihat buku muyassar
laporan yang ditandai dengan paraf pembimbing halaqah.
·
Santri diminta untuk
tasmi' hafalan tadi pagi sesuai batas yang telah diberi paraf atau tanda oleh
musrifnya.
·
Jika tidak lancar maka
wajib untuk mengulanginya.
·
Guru memberi paraf
sebagai tanda telah mengecek hafalan baru.
·
Guru dilarang meminta
santri membaca / tasmi' selain hafalan tadi pagi.
c.
Evaluasi Hafalan Harian 2
(muraja'ah hafalan tadi pagi) 10.15 – 10.30
Pengecekan hafalan tadi
pagi oleh guru pengisi jam ke 4 atau jam
pelajaran setelah istirahat.
Kewajiban guru:
·
Menanyakan kepada santri
siapa musyrif halaqahnya.
·
Melihat buku muyassar
atau laporan yang ditandai dengan paraf pembimbing halaqah.
·
Santri diminta untuk
tasmi' hafalan tadi pagi sesuai batas yang telah diberi paraf atau tanda oleh
musrifnya.
·
Jika tidak lancar maka
wajib untuk mengulanginya.
·
Guru memberi paraf
sebagai tanda telah mengecek hafalan baru.
·
Guru dilarang meminta
santri membaca / tasmi' selain hafalan tadi pagi.
d.
Evaluasi Hafalan Baru dan
Muraja'ah Harian (12.30 – 13.15)
Pengecekan hafalan tadi
pagi dan muraja'ah harian dibimbing oleh musyrif halaqah siang
Kewajiban Musyrif:
·
Menanyakan kepada santri
siapa musyrif halaqahnya.
·
Melihat buku muyassar
atau laporan yang ditandai dengan paraf pembimbing halaqah.
·
Santri diminta untuk
tasmi' hafalan tadi pagi sesuai batas yang telah diberi paraf atau tanda oleh
musrifnya.
·
Jika tidak lancar maka
wajib untuk mengulanginya.
·
Musyrif memberi paraf
sebagai tanda telah mengecek hafalan baru.
·
Santri wajib tasmi'
minimal 2lembar (sesuai hafalan yang dia miliki).
·
Musyrif mengisi paraf
kolom muraja'ah sebagai laporan pertanggung jawaban.
e.
Muraja'ah Harian Tambahan
(16.00 – 17.00)
·
Muraja'ah 1/4 jus (2,5 lembar)
dari hafalan yang dimiliki santri tiap hari.
·
Jika sudah lancar santri
wajib tasmi' 1/4 jus secara urut keseluruhannya.
·
pembimbing wajib mengisi
buku laporan muraja'ah tiap santri.
f.
Muraja'ah pekanan setiap
hari Jum'at 07.00 – 08.00
Kewajiban musyrif:
·
Mengecek hafalan sepekan
yang tertera pada buku laporan evaluasi.
·
Santri diwajibkan tasmi'
seluruh hafalan dalam sepekan, bukan hanya diuji sepotong-sepotong.
·
Musyrif wajib memberi paraf tanda telah murajaah pekaan ini semua
untuk pertanggung jawaban kepada pihak sekolah dan wali santri.
g. Persiapan ujian
tengah semester (1 pekan sebelum ujian tengah semester)
·
Selama masa ini santri tidak menambah hafalan.
·
Seluruh jam tahfidz dan murojaah(07.00 – 08.00, 08.45 – 09.00, 10.15 –
10.30) digunakan untuk murajaah hafalan selama setengah semester.
·
Seluruh pembimbing wajib mendengarkan hafalan santri dalam setengah
semester secara keseluruhan berkala.
h. Persiapan ujian
akhir semester ( 2 pekan sebelum ujian akhir semester )
·
Selama masa ini santri tidak menambah hafalan.
·
Seluruh jam tahfidz dan murojaah(07.00 – 08.00, 08.45 – 09.00, 10.15 –
10.30) digunakan untuk murajaah hafalan selama satu semester.
·
Seluruh pembimbing wajib mendengarkan hafalan santri dalam satu
semester secara keseluruhan berkala.
i.
Persiapan ujian kenaikan kelas (3 pekan
sebelum ujian kenaikan kelas)
·
Selama masa ini santri tidak menambah hafalan.
·
Seluruh jam tahfidz dan murojaah (07.00 – 08.00, 08.45 – 09.00, 10.15
– 10.30, 12.30 – 13.15) digunakan untuk murajaah hafalan selama satu semester.
·
Dalam tiga pekan ini santri diwajibkan mentasmi' seluruh hafalan yang
dimilikinya.
·
Seluruh pembimbing wajib mendengarkan hafalan santri secara
keseluruhan berkala.
·
Hafalan yang akan diujikan adalah seluruh hafalan yang dimiliki santri
-
Metode Tilawah (Tajwiid)
Bagi siswa yang belum bisa membaca al-qur'an,
menggunakan buku IQRA'.
Bagi siswa yang sudah bisa membaca al-qur'an
untuk kelas 3 keatas dibimbing qiraah praktek tajwid.
Mulai kelas satu santri
mulai menghafal matan tajwid tuhfatul athfal dan dilanjutkan dengan matan al
jazariyah.
Disemester akhir kelas 6, diadakan pembekalan syarah dan
praktek tajwid dari matan aljamzuriy dan aljazariyah yang telah dihafal.
- Al-Hadits dan doa
Menghafal hadits-hadits dan doa pilihan pada buku
panduan sebagai berikut:
Kelas 1-2 :
hadits dan do'a pilihan disusun oleh Tim Al Anshar.
Kelas 3-4 :
diambil dari buku PAI.
Kelas 5-6 :
buku dzikir pagi petang, arbain nawawi, 150 hadits muttafaqun 'alaihi, matan
baiquniyah dengan metode mulazamah.
- Aqidah, Akhlaq, fiqih
dan Sirah
Aqidah:
Kelas 1-2 :
diambil dari buku PAI
Kelas 3-5 :
materi tambahan menghafal matan usul tsalatsah versi anak
Kelas 6 :
menghafal matan asli usul tsalatsah.
Fiqih:
Kelas 1-4 :
materi terdapat pada buku PAI
Kelas 5-6 :
menghafal sebagian dalil pada kitab sifat sholat nabi syaikh Albani.
Sirah:
Kelas 1-4 :
materi terdapat pada buku PAI
Kelas 5-6 :
buku sirah Ar Rahiqu Al Makhtum Syaikh Shafiyurrahman.
- Bahasa Arab
Kelas 1-4 : menggunakan buku dar asy syafii.
kelas 5 : menggunakan kitab durusullughoh
lilathfal, Dr.V. Abdurrahim.
kelas 6 : menggunakan kitab Mukhtashor (Tim
Al Alnshar), baina yadaik, nahwu wadih dll.
- Bahasa Inggris
Kelas 5-6 : buku disusun oleh
beberapa praktisi bahasa inggris (tim Al
Anshar).
- SBK
Kelas 1-6 : buku SBK islam
disusun oleh tim Al Anshar.
- Matematika, IPA, dan ilmu-ilmu umum lainnya.
Menggunakan buku panduan tematik Lukmanulhakim dan penerbit lain.
Mengutamakan kualitas bukan kwantitas.
"Untuk mewujudkan kualitas dan efektifitas, kami membatasi kapasitas kelas tidak lebih dari 10 santri perkelas putra dan
putri (10 santri putra dan 10 santri putri) untuk setiap periode. Dan setiap
musyrif halaqah membimbing maksimal 5 santri".
AT-TAQWIM (STANDAR PENILAIAN)
Hampir dari seluruh materi menggunakan ujian tertulis
dalam standar penilaian kecuali praktik, hafalan Al –Qur'an dan penilaian
kepribadian. sebagaimana tercantum pada
peraturan akademik ma'had Al Anshar.
Contoh aktivitas harian Ma'had Al Anshar Al Islamiy:
07.00 – 08.00 : Tahfidz (halaqoh pagi)
08.00 – 08.45 : Tilawah qur'an/Iqra'/tajwid
08.45 – 09.00 : Murajaah yang dihafal tadi pagi
09.00 – 09.45 : Hafalan hadits/doa (materi diniyah)
09.45 – 10.15 : ISTIRAHAT
10.15 – 10.30 : Murajaah yang dihafal tadi pagi
10.30 – 11.15 : PAI (materi diniyah)
11.15 – 12.00 : bahasa arab (materi
diniyah)
12.00 – 12.30 : SHOLAT DHUHUR
12.30 – 13.15 : Muroja'ah harian (halaqoh siang)
13.15 – 14.00 : TEMATIK (materi umum)
14.00 – 15.15 :
makan, istirahat dll
15.15 – 15.30 : sholat ashar
16.00 – 17.00 : Murojaah hafalan (halaqoh sore), Pulang.
0 komentar:
Posting Komentar